Minggu, 14 Februari 2010

Sejarah penemuan & Teori sel.

A. Sejarah penemuan & Teori sel.

1. Sejarah Penemuan sel.

Istilah sel pertama kali di kemukakan oleh Robert Hook (ahli fisika &matematika).Dengan menggunakan mikroskop sederhana,ia mengamati sayatan gabus tanaman.Dalam pengamatannya ia mendapati adanya kamar-kamar kecil yang di pisahkan oleh dinding tebal menyerupai sarang lebah. Kamar - kamar tersebut kemudian ia namakan sel.

Antonie Van Leeuwenhock melihat benda aneh yang terdapat dalam air rendaman jerami.Benda tersebut di namakan sel.

Jean Baptiste de Lamarch ia menyatakan bahwa setiap badan hidup adalah kumpulan sel.Pendapat tersebut di dukung oleh Hendri Dutrochet ia menyatakan bahwa sel merupakan bagian funda mental organisme.

Dua ilmuwan yaitu Mathias Schleiden (ahli botani) & Theodore Schwann (ahli zoology) menyatakan bahwa semua kehidupan baik hewan maupun tumbuhan tersusun atas sel.

Berkat perkembangan ilmu teknologi khususnya teknologi optik pembesaran objek mendorong penelitian tentang sel yang selama ini hanya teka teki dapat terjawab dengan baik.

2. Teori tentang sel.

a. Teori sel menurut Schleiden & T.Schwann.

Schleiden berpendapat bahwa setiap tubuh tumbuhan tersusun atas sel sedangkan Schwann berpendapat bahwa setiap tubuh hewan tersusun atas sel.Dari kedua pendapat tersebut dapat di simpulkan bahwa sel merupakan unit struktural (penyusun) tubuh organisme.

b. Teori sel menurut Max Schultze.

Max Schultze berpendapat bahwa protoplasma merupakan struktur dasar organisme &merupakan bagian penting dari sel.Pendapat ini mendapat dukungan dari Felix Dujardin yang menyatakan bahwa protoplasma merupakan cairan hidup yang terdapat di dalam sel hidup.

Di dalam protoplasma terdapat organel yang berfungsi melaksanakan fungsi hidup (bernafas,tumbuh,berkembang).Dikenyataan tersebut muncullah teori yang menyatakan bahwa sel merupakan unit (kesatuan) fungsional.Sel tidak hanya penyusun tubuh organisme tetapi juga pelaksana hidup.Dengan demikian fungsi hidup di laksanakan oleh sel.

c. Teori sel menurut Rudolf Virchow.

Rudolf Virchow menyatakan bahwa sel berasal dari sel sebelumnya. Sel didalam tubuh organisme di samping memiliki kemampuan membelah

juga memiliki kemampuan tumbuh. Berdasarkan hal tersebut dapat di simpulkan bahwa sel merupakan unit pertumbuhan.

d. Teori sel sebagai akibat perkembangan teknologi.

Setelah di temukannya alat bantu canggih & cara pewarnaan bagian sel , bagian dalam protoplasma dapat di ketahui sehingga di temukan berbagai organel (inti sel ,mitokondria,ribosom, kromosom dll).Perkembangan selanjutnya di ketahui bahwa di dalam kromosom terdapat faktor pembawa sifat (gen).Dari sini muncul teori yang menyatakan bahwa sel merupakan unit (kesatuan)hereditas.

Kehidupan suatu organisme di awali oleh satu sel (zigot).Zigot melakukan perkawinan sehingga terjadi pembuahan membentuk embrio .Di dalam embrio sel mengalami berbagai spesialisasi fungsi & bentuk selyang berbeda .Hal ini menunjukkan bahwa sel sebagai satuan struktural.

Di dalam tubuh makhluk hidup setiap kelompok sel mempunyai tugas tertentu sehingga terjadi pembagian tugas kerja yang sistematis.Dengan demikian semua kegiatan hidup sel di lakukan individu sebagai satu kesatuan .hal ini menunjukkan bahwa sel merupakan kesatuan unit fungsional

1 komentar:

  1. thx! berguna banget utk tugas, terimakasih ^^

    -monica-

    BalasHapus